twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Jumat, 17 September 2010

Causative Verbs

Causative
View more presentations from Lilia Wibowo.


Face

Causative verb menunjukkan bahwa seseorang/sesuatu secara tidak langsung bertanggung jawab terhadap sebuah tindakan. Subjek tidak melakukan tindakan itu sendiri, tetapi justru menyebabkan seseorang/sesuatu yang lain melakukannya. Contoh:

- Yesterday I had my hair cut.

Pembicara pada kalimat diatas tidak memotong sendiri rambutnya, tetapi justru membuat orang lain melakukannya - Saya “menyebabkan” mereka memotong rambut saya.

Have

Have merupakan causative verb yang umum. Ketimbang melakukan sesuatu dengan diri kita sendiri, kita “menyuruh” orang yang lain untuk melakukannya. Bentuknya sebagai berikut:

Kata kerja “to have” + objek + past participle (verb 3). Contoh:

- I had my jacket cleaned yesterday.
- Did you have your computer fixed?

Terkadang kita menggunakan have sebagai causative verb ketika kita ingin melakukan tindakan oleh diri kita sendiri. Contoh:

- When will the report be ready? I’ll do it by tomorrow morning. >>
- When will the report be ready? I’ll have it done by tomorrow morning.

Dengan menggunakan causative, kalimat ke-dua diatas mengalihkan perhatian dari pelaku tindakan, dan lebih memberikan perhatian kepada tindakan yang sedang dilakukan. Ini kedengaran sopan dan profesional.

Get

Get sering digunakan ketimbang have. Contoh:

  • I got my computer fixed - I had my computer fixed. Kedua kalimat ini maknanya sama.
  • I got my jacket cleaned. - I had my jacket cleaned. Kedua kalimat ini maknanya sama.

Causative verbs sering digunakan bersama dengan pengalaman-pengalaman negatif. Pada situasi-situasi ini lebih umum menggunakan have. Contoh:

  • I had my wallet stolen. (Saya sebenarnya tidak menyebabkan dompet saya dicuri - seseorang mencuri dompet saya dariku)
  • She had her window smashed.

Let

Let digunakan untuk membolehkan seseorang melakukan sesuatu. Bentuknya adalah let + orang + verb. Contoh:

  • John let me drive his new car.
  • Will your parents let you go to the party?
  • I don’t know if my boss will let me take the day off.

Make

Make digunakan untuk memaksa seseorang melakukan sesuatu. Bentuknya adalah make + orang + verb. Contoh:

  • My teacher made me apologize for what I had said.
  • Did somebody make you wear that ugly hat?
  • She made her children do their homework.

See more on:


Structure 3

Causative Verbs
Relative Clauses
Noun Clauses
Adverb Clauses
Clauses Of Concession
Subjunctive Mood
Prepositional Phrases
That - Other Uses
Would Rather / Must, Should

Semester 3

Structure 3

English Learning

Semester 1
Semester 2
Semester 3

Jumat, 03 September 2010

Walikota Sibolga Buka Ospek Mahasiswa STKIP Santa Maria

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk membuka Orientasi Pendidikan (Ospek) mahasiswa-mahasiswi angkatan II Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santa Maria, di aula Santa Maria Berbelaskasih Sibolga, Jalan Brigjend Katamso, Kota Sibolga, Kamis (2/9).


Pembukaan Ospek tersebut ditandai pemukulan gong oleh Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dan dihadiri Sekdakot Saiful Bahri Hasibuan, Kabag Humas DT Tamba, Pastor Elius Sembiring, Ketua Yayasan Santa Maria Berbelaskasih Sibolga Suster Rosa Sihotang, para dosen, orang tua mahasiswa dan undangan lainnya.


Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penerimaan mahasiswa baru sudah menjadi tradisi di setiap perguruan tinggi, termasuk sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan Santa Maria Sibolga.


"Penerimaan mahasiswa baru sebagai anggota keluarga besar, tentunya perlu mengenali sesama mahasiswa maupun para dosennya, sehingga mahasiswa baru tidak merasa asing terhadap lingkungan barunya setelah mengikuti orientasi," katanya.


Menurutnya, keberadaan STKIP Santa Maria Sibolga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Sibolga, yang tentunya semua gerak dan langkah program dan kegiatannya diharapkan tidak akan lepas dari visi dan misinya.


Pemerintah Kota Sibolga sangat berterima kasih atas peran Yayasan Santa Maria Berbelaskasih Sibolga dalam mensukseskan pembangunan di Kota Sibolga, khususnya dalam bidang pendidikan.


"Pada kesempatan ini, saya mengharapkan kepada para mahasiswa baru agar dapat menjaga nama baik sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan Santa Maria Sibolga, sehingga perguruan ini semakin maju dan melahirkan mahasiswa yang terampil dan bermutu," tandas Walikota Sibolga.


Sebelumnya, Ketua Yayasan Santa Maria Berbelaskasih Sibolga, Suster Rosa Sihotang mengatakan, jumlah mahasiswa sesuai jurusan yang diterima di STKIP Santa maria Sibolga untuk tahun akademik 2010 - 2011 sebanyak 437 orang mahasiswa.


"Rinciannya untuk jurusan PGSD sebanyak 112 orang untuk dua kelas, Bahasa Inggris sebanyak 181 orang untuk tiga kelas dan jurusan matematikan sebanyak 144 orang untuk tiga kelas," katanya sembari menyampaikan terima kasih kepada Pemko Sibolga yang peduli dengan perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan di daerah tersebut.

Sumber :

TIGOR MANALU | GLOBAL | SIBOLGA

News

Walikota Sibolga Buka Ospek Mahasiswa STKIP Santa Maria

Ospek 2010 ( Angkatan II ) STKIP SIBOLGA













Poto Matematika



Berikut adalah foto anak STKIP prodi Matematika

Poto English



Ini dia mahasiswi jurusan Bahasa Inggris "B" STKIP Santa Maria Sibolga, belum semua sich tapi yang paling cantik dan imut saja.
Heheheheheh.... (narsis)... :)
English for Education class "B" in STKIP Santa Maria Sibolga
" we're the Best!!!!!!" ^_^
(yang gak da gambar'a jangan marah ya!!!,, ntar kita foto dan Upload)





























Saran


ShoutMix chat widget